PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP PENJUALANSEPEDA MOTOR DI PT HASJRAT ABADIKOTA GORONTALO
Tanggal Upload: 05/06/2025
Penulis / NIM:
IWIN NUSI / E2118098
Program Studi:
S1 Manajemen
Kata Kunci:
bauran pemasaran, penjualan, sepeda motor
Abstrak:
Tujuan dari penelitian untuk mengetahui dampak dari pengaruh Bauran Pemasaran
Meliputi produk, harga, promosi dan lokasi baik secara simultan maupun secara
parsial terhadap Penjualan(Y). Metode analisis yang digunakan adalah analisis jalur
atau pathanalysis. Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa hipotesis pertama yang
diajukan mengatakan bahwa Bauran Pemasaran meliputi Produk (X1), Harga(X2),
Promosi(X3),danLokasi (X4) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap
Penjualan (Y). Dengan nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0.925 (92.5%).
Hasil perolehan untuk uji F-hitung telah menunjukkan hasil dengan nilai
214.568 sedangkan F-tabel sebesar 2.500 dan probabilitysig0.000 <probability α =
0,05. Hipotesis kedua Bauran Pemasaran meliputi Produk(X1) terhadap Penjualan
(Y) berpengaruh signifikan. Nilai probabilityalpha (α) (0.005 < 0.05). Sedangkan
untuk nilai t-hitung lebih besar dari nilai t-tabel (2.872 > 1.666). Hipotesis ketiga
Bauran Pemasaran meliputi Harga (X2) berpengaruh signifikan terhadap Penjualan
(Y). Nilai probabilityalpha(α) (0.005 < 0,05). Sedangkan untuk nilai t-hitung lebih
besar dari nilai t-tabel (2.929 > 1.666). Hipotesis keempat Bauran Pemasaran meliputi
Promosi (X3) berpengaruh signifikan terhadap Penjualan (Y). Nilai
probabilityalpha(α) (0.000 < 0,05). Sedangkan untuk nilai t-hitung lebih besar dari
nilai t-tabel (-6.079 > -1.666). Hipotesis kelima Bauran Pemasaran meliputi Lokasi
(X4) berpengaruh signifikan terhadap Penjualan (Y). Nilai probabilityalpha(α) (0.000
< 0,05). Sedangkan untuk nilai t-hitung lebih besar dari nilai t-tabel (9.351 > 1.666).