SKRIPSI

File Icon

PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP PENJUALANSEPEDA MOTOR DI PT HASJRAT ABADIKOTA GORONTALO

Tanggal Upload: 05/06/2025

Penulis / NIM:
IWIN NUSI / E2118098

Program Studi:
S1 Manajemen

Tahun Akademik:
2022

Kata Kunci:
bauran pemasaran, penjualan, sepeda motor

Abstrak:

Tujuan dari penelitian untuk mengetahui dampak dari pengaruh Bauran Pemasaran Meliputi produk, harga, promosi dan lokasi baik secara simultan maupun secara parsial terhadap Penjualan(Y). Metode analisis yang digunakan adalah analisis jalur atau pathanalysis. Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa hipotesis pertama yang diajukan mengatakan bahwa Bauran Pemasaran meliputi Produk (X1), Harga(X2), Promosi(X3),danLokasi (X4) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Penjualan (Y). Dengan nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0.925 (92.5%). Hasil perolehan untuk uji F-hitung telah menunjukkan hasil dengan nilai 214.568 sedangkan F-tabel sebesar 2.500 dan probabilitysig0.000 <probability α = 0,05. Hipotesis kedua Bauran Pemasaran meliputi Produk(X1) terhadap Penjualan (Y) berpengaruh signifikan. Nilai probabilityalpha (α) (0.005 < 0.05). Sedangkan untuk nilai t-hitung lebih besar dari nilai t-tabel (2.872 > 1.666). Hipotesis ketiga Bauran Pemasaran meliputi Harga (X2) berpengaruh signifikan terhadap Penjualan (Y). Nilai probabilityalpha(α) (0.005 < 0,05). Sedangkan untuk nilai t-hitung lebih besar dari nilai t-tabel (2.929 > 1.666). Hipotesis keempat Bauran Pemasaran meliputi Promosi (X3) berpengaruh signifikan terhadap Penjualan (Y). Nilai probabilityalpha(α) (0.000 < 0,05). Sedangkan untuk nilai t-hitung lebih besar dari nilai t-tabel (-6.079 > -1.666). Hipotesis kelima Bauran Pemasaran meliputi Lokasi (X4) berpengaruh signifikan terhadap Penjualan (Y). Nilai probabilityalpha(α) (0.000 < 0,05). Sedangkan untuk nilai t-hitung lebih besar dari nilai t-tabel (9.351 > 1.666).
Berkas Lampiran
Unduh File