SKRIPSI

File Icon

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA PT. BANK MEGA CABANG GORONTALO

Tanggal Upload: 31/05/2025

Penulis / NIM:
ADELIANA AMIRUDDIN / E2115187

Program Studi:
S1 Manajemen

Tahun Akademik:
2020

Kata Kunci:
keandalan, ketanggapan, jaminan, empati, bukti fisik, dan loyalitas

Abstrak:

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan (X) yang terdiri dari keandalan (X1), ketanggapan (X2), jaminan(X3), empati (X4), bukti fisik (X5) secara simultan terhadap loyalitas nasabah (Y) pada PT. Bank Mega Gorontalo. Pengumpulan data pokok yaitu melalui daftar pernyataan yang diuji melalui uji validitas dan uji reliabilitas. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis jalur (Path Analysis). Hasil pengujian pertama menunjukan bahwa variabel pengaruh kualitas pelayanan (X) yang terdiri dari keandalan (X1), ketanggapan (X2), jaminan(X3), empati (X4), bukti fisik (X5) secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan (Y) pada PT. Bank Mega Gorontalo yaitu sebesar 0.863 atau 86,3%. Hasil pengujian hipotesis kedua menunjukan bahwa keandalan (X1) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan (Y) pada PT. Bank Mega Gorontalo yakni sebesar0.658 atau 65,8%. Hasil pengujian ketiga menunjukkan bahwa variabel ketanggapan (X2) secara parsialberpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan (Y) pada PT. Bank Mega Gorontalo yakni sebesar 0,281 atau 28,1%. Hasil pengujian keempat menunjukkan bahwa variabel jaminan(X3) secara parsialberpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan (Y) pada PT. Bank Mega Gorontalo yakni sebesar 0.277 atau 27,7%. Hasil pengujian kelima menunjukkan bahwa variabel empati (X4) secara parsialberpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap loyalitas pelanggan (Y) pada PT. Bank Mega Gorontalo yakni sebesar -0.090 atau -9,0%. Hasil pengujian keenam menunjukkan bahwa variabel bukti fisik (X5) secara parsialberpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap loyalitas pelanggan (Y) pada PT. Bank Mega Gorontalo yakni sebesar 0.017 atau 1,7%.
Berkas Lampiran
Unduh File