SKRIPSI

File Icon

MARJIN PEMASARAN CABAI RAWIT DI DESA BONGO IV KECAMATAN PAGUYAMAN KABUPATEN BOALEMO

Tanggal Upload: 02/06/2025

Penulis / NIM:
NISPA PALOWA / P2218039

Program Studi:
S1 Agribisnis

Tahun Akademik:
2022

Kata Kunci:
cabai rawit, marjin, saluran

Abstrak:

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran dan marjin pemasaran Cabai Rawit di Desa Bongo IV Kecamatan Paguyaman Kabupaten Boalemo. Metode penelitian ini menggunakan analisis kualitatif untuk mengetahui saluran pemasaran dan analisis kuantitatif untuk mengetahui marjin pemasaran. Penentuan responden penelitian yaitu petani cabai rawit dilakukan secara acak yang berjumlah 10 responden petani dan lembaga pemasaran yang terlibat dalam pemasaran dilakukan dengan metode bola salju. Hasil penelitian menunjukkan bahwa saluran pemasaran Cabai Rawit yang ada di Desa Bongo IV Kecamatan Paguyaman Kabupaten Boalemo terdiri dari 3 (tiga) tipe saluran yaitu, a). Saluran 1: Produsen → Pedagang pengumpul → Konsumen, b) Saluran 2: Produsen → Pedagang pengumpul → Pedagang pengecer → Konsumen, dan c) Saluran 3: Produsen → konsumen. Marjin pemasaran disimpulkan bahwa Saluran 3 merupakan saluran pemasaran cabai rawit yang paling efisien di Desa Bongo IV Kecamatan Paguyaman Kabupaten Boalemo sebesar Rp 0/kg.
Berkas Lampiran
Unduh File