MARJIN PEMASARAN CABAI RAWIT DI DESA BONGO IV KECAMATAN PAGUYAMAN KABUPATEN BOALEMO
Tanggal Upload: 02/06/2025
Penulis / NIM:
NISPA PALOWA / P2218039
Program Studi:
S1 Agribisnis
Kata Kunci:
cabai rawit, marjin, saluran
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran dan marjin pemasaran Cabai
Rawit di Desa Bongo IV Kecamatan Paguyaman Kabupaten Boalemo. Metode
penelitian ini menggunakan analisis kualitatif untuk mengetahui saluran
pemasaran dan analisis kuantitatif untuk mengetahui marjin pemasaran. Penentuan
responden penelitian yaitu petani cabai rawit dilakukan secara acak yang
berjumlah 10 responden petani dan lembaga pemasaran yang terlibat dalam
pemasaran dilakukan dengan metode bola salju. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa saluran pemasaran Cabai Rawit yang ada di Desa Bongo IV Kecamatan
Paguyaman Kabupaten Boalemo terdiri dari 3 (tiga) tipe saluran yaitu, a). Saluran
1: Produsen → Pedagang pengumpul → Konsumen, b) Saluran 2: Produsen →
Pedagang pengumpul → Pedagang pengecer → Konsumen, dan c) Saluran 3:
Produsen → konsumen. Marjin pemasaran disimpulkan bahwa Saluran 3
merupakan saluran pemasaran cabai rawit yang paling efisien di Desa Bongo IV
Kecamatan Paguyaman Kabupaten Boalemo sebesar Rp 0/kg.