PENGARUH MOTIVASI TERHADAP PELAYANAN PUBLIK PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN GORONTALO UTARA
Tanggal Upload: 29/06/2025
Penulis / NIM:
NUR AWALIYAH / S2121033
Program Studi:
S1 Ilmu Pemerintahan
Kata Kunci:
motivasi, pelayanan publik
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh motivasi berupa motivasi intrinsik (X1), motivasi ekstiristik (X2) secara simultan terhadap pelayanan publik (Y) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gorontalo Utara, 2) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh motivasi berupa motivasi intrinsik k (X1) secara parsial terhadap pelayanan publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gorontalo Utara, dan 3) untuk mengetahui besarnya pengaruh motivasi berupa motivasi ekstrinsik (X2) secara parsial terhadap pelayanan publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten GorontaloUtara. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 38 orang. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Motivasi Intrinsik (X1) dan Motivasi Ekstrinsik (X2) berpengaruh secara simultan terhadap Pelayanan Publik (Y) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gorontalo Utara sebesar 54,2%. 2)Motivasi Intrinsik berpengaruh secara parsial terhadap Pelayanan Publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gorontalo Utara (Y) sebesar 68.2%. 3) Motivasi Ekstrinsik (X2) secara parsial terhadap Pelayanan Publik diDinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gorontalo Utara sebesar 56.2%.