KUALITAS PELAYANAN PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM DALAM BIDANG DISTRIBUSI DAN GANGGUAN DIKABUPATEN BOALEMO
Tanggal Upload: 30/05/2025
Penulis / NIM:
NINDIYA UTAMI DJALALI / S2116082
Program Studi:
S1 Ilmu Pemerintahan
Kata Kunci:
Kualitas, Pelayanan
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan kantor
PDAM Kabupaten Boalemo dan bertujuan untuk memecahkan masalah kualitas pelayanan kantor PDAM berdasarkan faktor-faktor penghambat kualitas pelayanan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Dan peneliti menggunakan teknik pengumpulan data antara lain wawancara, observasi, dokumentasi. Berdasarkan hasilpenelitian dan pembahasan yang telah di kemukakan maka dapat disimpulkan bahwa daya tanggap dan realitas dari jasa yang diberikan perusahaan kepada konsumen agar mampu dan bertahan dan tetap mendapat kepercayaan dari pelanggan, pola konsumsi dan gaya hidup pelanggan menuntut perusahaan mampu memberikan pelayanan yang berkualitas seperti hal dengan perusahaan daerah air minum kabupaten boalemo. Kekurangan waktu pelayanan dibidang distribusi dan gangguan yaitu petugas yang lambat menangani keluhan, sedangkan kekurangan yang terdapat dimutu pelayanan yang dilakukan secara tidak merata masih terdapat kesalahan dimata masyarakat, sementara pada biaya pelayanan berdasarkan hasil wawancara di nyatakan tidak terdapat masalah karena biaya pelayanan sudah optimal. Terutama pada pihak PDAM yang tidak mengenakan biaya perbaikan.Dari hasil wawancara yang mencakup ketiga indikator tersebut dapat kita pahami bahwa masalah pelayanan PDAM Kabupaten Boalemo dibagian TEKNIK dan Pengembangan Bidang Distribusi dan ganguan adalah kurang pekerja disetiap unit PDAM Kabupaten Boalemo