PENGARUH STRATEGI PENETAPAN HARGA, KUALITAS PRODUK DAN PELAYANAN TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN PADA APOTEK KIMIA FARMА DI MARISA KABUPATEN POHUWATО
Tanggal Upload: 04/06/2025
Penulis / NIM:
VERONIKA TANGAHU / E2119188
Program Studi:
S1 Manajemen
Kata Kunci:
strategi penentuan harga, kualitas produk, kualitas pelayanan, penjualan
Abstrak:
Tujuan penelitian adalah : Melakukan analisis tentang pengaruh strategi penetapan harga,
produk dan pelayanan baik secara parsial maupun secara simultan terhadap peningkatan
penjualan pada Apotek Kimia Farma di Marisa Kabupaten Pohuwato.Metode analisis
data untuk memecahkan permasalahan dan membuktikan hipotesis dipakai analisis
regresi berganda, korelasi dan uji signifikansi. Hasil uji hipotesis baik secara parsial
maupun simultan pada penelitian di Apotek Kimia Farma di Marisa Kabupaten
Pohuwato, maka hasil yang diperoleh adalah : a) Strategi penetapan harga jual
berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap peningkatan penjualan pada
Apotek Kimia Farma di Marisa Kabupaten Pohuwato. b) Kualitas produk berpengaruh
positif dan tidak signifikan secara parsial terhadap peningkatan penjualan pada Apotek
Kimia Farma di Marisa Kabupaten Pohuwato. c) Kualitas pelayanan berpengaruh positif
dan tidak signifikan secara parsial terhadap peningkatan penjualan pada Apotek Kimia
Farma di Marisa Kabupaten Pohuwato. d) Strategi Penetapan harga jual, kualitas produk
dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap
peningkatan penjualan pada Apotek Kimia Farma di Marisa Kabupaten Pohuwato.
Dengan demikian hasil analisis data atau pembahasan searah dengan hipotesis penelitian.