ENGARUHDAYA TARIK WISATA TERHADAP MINAT BERKUNJUNG KEMBALI PADA PERMANDIAN PUNCAK MERANT
Tanggal Upload: 13/07/2025
Penulis / NIM:
FEGI NUR HASNI UMAR / E2121012
Program Studi:
S1 Manajemen
Kata Kunci:
dayatarik wisata, minat berkunjung kembali
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh daya tarik wisata (X) yang meliputi atraksi (X1), aksesibilitas (X2), dan fasilitas (X3) terhadap minat berkunjung kembali (Y) pada pemandian puncak meranti. Metode yang digunakanan di dalam penelitian ini melalui pendekatan kuantitatif dengan penyajian secara deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, Wawancara, kuesioner dan Dokumentasi, dan Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis jalur. Hasil pengujian pertama menunjukan bahwa Daya Tarik Wisata (X) yang meliputi Atraksi (X1), Aksesibilitas (X2), dan Fasilitas (X3), secara simultan berpengaruh terhadap Minat Berkunjung Kembali pada Pemandian Puncak Meranti sebesar 0,698 atau 69,8%. Hasil pengujian kedua menunjukkan bahwa Daya Tarik Wisata (X) yang meliputi Atraksi (X1), secara parsial berpengaruh dan signifikan terhadap Minat Berkunjung Kembali pada Pemandian Puncak Meranti sebesar 0.320 atau 32.0%. Hasil pengujian ketiga menunjukkan bahwa Daya Tarik Wisata (X) yang meliputi Aksesibilitas (X2) berpengaruh dan signifikan terhadap Minat Berkunjung Kembali pada Pemandian Puncak Meranti sebesar 0.408 atau 40.8%. Hasil pengujian keempat menunjukkan bahwa Daya Tarik Wisata (X) yang meliputi Fasilitas (X3) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Berkunjung Kembali pada Pemandian Puncak Meranti sebesar 0.245 atau 24.5%.