Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil (DISDUKCAPIL) Kabupaten Bone Bolango
Tanggal Upload: 31/05/2025
Penulis / NIM:
SANDI KOLOPITA / S2118017
Program Studi:
S1 Ilmu Pemerintahan
Kata Kunci:
kualitas pelayanan, kepuasan masyarakat
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruhkualitas pelayanan publik terhadap kepuasan masyarakat di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (DISDUKCAPIL) Kabupaten Bone Bolango. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode survey. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 35 orang. Adapun metode analisis data menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwakualitas pelayanan publik memberikan pengaruh kepada kepuasan masyarakat sebesar 0,741 dan dikategorikan kuat. Hal ini berarti aparatur Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam memberikan pelayanan sudah sesuai standar pelayanan sehingga berdampak pada kepuasan masyarakat yang membutuhkan pelayanan.