SKRIPSI

File Icon

PENGARUH KEMAMPUAN KERJA PEGAWAITERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI DINASLINGKUNGAN HIDUP KABUPATEN GORONTALO

Tanggal Upload: 01/06/2025

Penulis / NIM:
INDRIANI JABA / S2119055

Program Studi:
S1 Ilmu Pemerintahan

Tahun Akademik:
2023

Kata Kunci:
Kemampuan Kerja Pegawai, Kualitas Pelayanan, Dinas Lingkungan Hidup KabupatenGorontalo

Abstrak:

Metode penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif,yaitu penelitian yang menggunakan kata-kata atau kalimat dan gambar serta angka-angka denganmemakai sampel dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data pokok. Populasi dan sampelyang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai yang bekerja di Dinas Lingkungan HidupKabupaten Gorontalo yang berjumlah 28 orang. Instrumen penelitian ini menggunakan uji validitas, ujirealibilitas, uji korelasi, dan uji hipotesis berdasarkan regresi sederhana.Hasil penelitian dilapanganditemukan Pengujuian kuesioner tentang instrumen kemampuan kerja pegawai (X) dan kualitas pelayanan(Y) dinyatakan Valid dan dapat dilanjutkan untuk pengujian Reliabitas data. Hasil uji Reabilitas datangyang dihasilkan masing-masing variabel antara kemampuan kerja pegawai (X) dengan nilai Alphacronbach, 0,628>0,356 (r-tabel) sedangkan kualitas pelayanan (Y) berdasarkan nilai Alpha cronbach,0,434>0,356 (r-tabel) dapat disimpulkan bahwa instrumen kedua variabel ini dinyatakan reliabel sebagaialat pengumpul data dalam penelitian ini. Korelasi kemampuan kerja pegawai (X) berpengaruh terhadapkualitas pelayanan (Y) dengan nilai r=0,615 ; P<0,001 karena r hitung atau pearson correlation dalam ujistatistik bernilai positif artinya bahwa semikin tinggi nilai korelasi kemampuan kerja pegawai (X) makaakan semakin tinggi pula nilai terhadap kualitas pelayanan (Y) di Dinas Lingkungan Hidup KabupatenGorontalo. Kemampuan kerja pegawai (X) berpengaruh terhadap kualitas pelayanan (Y) sebesar 54,6%sedangkan sisanya 45,4 % dipengaruhi oleh faktor-fator lainya yang tidak diteliti pada penelitian ini.Hasil ini membuktikan bahwa kemampuan kerja pegawai (X) berpengaruh positif terhadap kualitaspelayanan (Y).
Berkas Lampiran
Unduh File