PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN MASKAPAI PENERBANGAN LION AIR DI PROVINSI GORONTALO
Tanggal Upload: 03/06/2025
Penulis / NIM:
MUTIA HASAN DJAKATARA / E2117045
Program Studi:
S1 Manajemen
Kata Kunci:
Kualitas Pelayanan, Reliability, Responsiveness, Tangible dan Kepuasan Pelanggan
Abstrak:
Tujuan dari penelitian untuk mengetahui dampak dari pengaruh Kualitas Pelayanan meliputi Reliability (X1), Responsiveness (X2), dan Tangible (X3) baik secara simultan maupun secara parsial terhadap Kepuasan Pelanggan (Y). Metode analisis yang digunakan adalah analisis jalur atau path analysis. Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa hipotesis pertama yang diajukan mengatakan bahwa kualitas pelayanan meliputi Reliability (X1), Responsiveness (X2), dan Tangible (X3) secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan (Y). Dengan nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0.925 (92.5%). Hasil perolehan untuk uji F-hitung telah menunjukkan hasil dengan nilai 292.478 sedangkan F-tabel sebesar 2.730 dan probability sig 0.000 < probability α = 0,05. Hipotesis kedua kualitas pelayanan yang meliputi Reliability (X1) terhadap Kepuasan Pelanggan (Y) berpengaruh positif dan signifikan. Nilai probability alpha (α) (0.001 < 0.05). Sedangkan untuk nilai t-hitung lebih besar dari nilai t-tabel (3.620 > 1.666). Hipotesis ketiga kualitas pelayanan yang meliputi Responsiveness (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan (Y). Nilai probability alpha (α) (0.000 < 0,05). Sedangkan untuk nilai t-hitung lebih besar dari nilai t-tabel (5.619 < 1.666). Hipotesis ketiga kualitas pelayanan yang meliputi Tangible (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan (Y). Nilai probability alpha (α) (0.001 < 0,05). Sedangkan untuk nilai t-hitung lebih besar dari nilai t-tabel (3.371 > 1.666).