PENGARUH EKUITAS MEREK, KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (STUDI KASUS PADA PT. SINAR KRISTAL NUSANTARA GORONTALO)
Tanggal Upload: 05/06/2025
Penulis / NIM:
SRI AGUSTINA TUU / E2115083
Program Studi:
S1 Manajemen
Kata Kunci:
ekuitas merek, kualitas produk, kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan
Abstrak:
Tujuan dari penelitian untuk mengetahui dampak dari pengaruh Ekuitas Merek (X1), Kualitas Produk (X2), dan Kualitas Pelayanan (X3) baik secara simultan maupun secara parsial terhadap Kepuasan Pelanggan (Y). Metode analisis yang digunakan adalah analisis jalur atau path analysis. Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa hipotesis pertama yang diajukan mengatakan bahwa variabel Ekuitas Merek (X1), Kualitas Produk (X2), dan Kualitas Pelayanan (X3) secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan (Y). Dengan nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0.568 (56.8%). Hasil perolehan untuk uji F-hitung telah menunjukkan hasil dengan nilai 24.499 sedangkan F-tabel sebesar 2.760 dan probability sig 0.000 < probability α = 0,05. Hipotesis kedua variabel Ekuitas Merek (X1) terhadap Kepuasan Pelanggan (Y) berpengaruh positif dan signifikan. Nilai probability alpha (α) (0.017 < 0.05). Sedangkan untuk nilai t-hitung lebih besar dari nilai t-tabel (2.463 > 1.672). Hipotesis ketiga variabel Kualitas Produk (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan (Y). Nilai probability alpha (α) (0.002 < 0,05). Sedangkan untuk nilai t- hitung lebih besar dari nilai t-tabel (3.180 < 1.672). Hipotesis ketiga variabel Kualitas Pelayanan (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan (Y). Nilai probability alpha (α) (0.000 < 0,05). Sedangkan untuk nilai t- hitung lebih besar dari nilai t-tabel (4.397 > 1.672).