Pengaruh word of mouth dan promosi terhadap minat beli Indihome kota gorontalo
Tanggal Upload: 30/05/2025
Penulis / NIM:
AKNEL YUNITA DEWI J. PONTOH / E2118080
Program Studi:
S1 Manajemen
Kata Kunci:
word of mouth, promosi, minat beli
Abstrak:
Tujuan dari penelitian untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh PengaruhWord Of Mouth dan Promosi baik secara simultan maupun secara parsial TerhadapMinat Beli Indihome Kota Gotontalo. Metode analisis penelitian digunakan padapenelitian adalah analisis jalur atau path analysis. Berdasarkan hasil penelitianbahwa Nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,693 (69,3%). Hipotesispertama bahwa word of mouth (X1) dan promosi (X2) secara simultan berpengaruhpositif dan signifikan terhadap minat beli indihome (Y). Hasil perolehan untuk ujiF-hitung telah menunjukkan hasil dengan nilai 69,903 sedangkan F-tabel sebesar 3,143dan p probability sig 0,000 < p probability α = 0,05. Hipotesis kedua Word of Mouth(X1) terhadap minat beli Indihome (Y) berpengaruh positif dan signifikan. Nilaiprobability alpha (α) (0,017 < 0,05). Sedangkan untuk nilai t-hitung lebih besar darinilai t-tabel (2,451 > 1,669). Hipotesis ketiga Promosi (X2) berpengaruh positif dansignifikan terhadap Minat beli Indihome (Y). Nilai probability alpha (α) (0,000 <0,05). Sedangkan untuk nilai t-hitung lebih besar dari nilai t-tabel (5,186 > 1,669).Hasil Penelitian menemukan, bahwa promosi lebih mendominasi tingkat pengaruhyang signifikan terhadap minat beli Indihome, sehingga perhatian perusahaan,menggencarkan promosi yang merupakan tujuan perusahaan, agar konsumen akanlebih semakin berminat tertarik untuk membeli produk tersebut.