Pengaruh Motivasi dan Sikap konsumen terhadap minat beli pada toko rumah pernik di kota Gorontalo
Tanggal Upload: 01/06/2025
Penulis / NIM:
MOH. SAHRUL ABD. MALIK / E2119085
Program Studi:
S1 Manajemen
Kata Kunci:
motivasi, sikap konsumen, minat beli
Abstrak:
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dampak dari pengaruh motivasi dansikap konsumen baik secara simultan maupun secara parsial terhadap minat beli(Y). Metode analisis yang digunakan adalah analisis jalur ataupath analysis. Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa hipotesis pertama yang diajukan mengatakan bahwa motivasi (X1), sikap konsumen (Y) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat beli (Y). Dengan nilai koefisien determinasi (Rsquare) sebesar 0,734 (73,4%). Hasil uji F-hitung telah menunjukkan hasil dengan nilai 161,741 sedangkan F-tabelsebesar 3,07 dan probability sig 0,000 < probabilityα=0,05.Hipotesiskeduaadalahmotivasi(X1)terhadaminatbeli(Y)berpengaruhsignfikan. Probability alpha (α) (0,00 < 0,05). Sedangkan nilai t-hitung lebih besardari t-tabel (12,416 >1,793). Hipotesis ketiga sikap konsumen(Y) berpengaruh signifikan terhadap minatbeli(Y). Nilai Probability alpha(α)(0,00< 0,05).Sedangkan nilai t-hitung lebih besar dari nilai t-tabel (11,588 > 1,793). Peneliti menemukan bahwa motivasi lebih mendominasi pengaruh yang signifikan terhadap minat beli, sehinga persahaan lebih mempertahankan produk yang sesuai kebutuhan dan trend sekarang untuk meningkatkan daya minat beli konsumen untuk datangmelakukanpembelian produk pakaian.