PENGARUH ATRIBUT PRODUK TERHADAP MINAT BELI ULANG (Studi Kasus Pada Konsumen Toko BreadTalk di Kota Gorontalo)
Tanggal Upload: 03/06/2025
Penulis / NIM:
NOVALIN HIDAYANTI LANTU / E2114175
Program Studi:
S1 Manajemen
Kata Kunci:
Atribut Produk dan Minat Beli Ulang
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Atribut Produk Terhadap Minat Beli Ulang (Studi Kasus Pada Konsumen Toko BreadTalk di Kota Gorontalo. Dalam pengumpulan data ini menggunakan kuesioner yang berisi daftar item-item pernyataan responden yang dilakuan melalui alat pengujian validitas dan reliabilitas. Metode analisis yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis) dengan terlebih dahulu melakukan konversi data dari skala data ordinal ke skala data interval. Yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah variabel independent Atribut Produk (X) yang terdiri dari Cita Rasa (X1), Merek (X2), Harga Produk (X3), Kemasan (X4), Label (X5) dan variabel dependent Minat Beli Ulang (Y). Hasil hipotesis menunjukkan bahwa secara simultan Atribut Produk (X) yang terdiri dari Cita Rasa (X1), Merek (X2), Harga Produk (X3), Kemasan (X4), dan Label (X5) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli Ulang (Y) sebesar 47,9 % pada nilai FHitung sebesar 19,096 pada taraf signifikan 0,000. Cita Rasa (X1) secara parsial tidak berpengaruh terhadap Minat Beli Ulang (Y) sebesar -14,4 %. Merek (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli Ulang (Y) sebesar 49,7 %, Harga (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli Ulang (Y) sebesar 37,3 %, Kemasan (X4) tidak berpengaruh terhadap Minat Beli Ulang (Y) sebesar -15,3 %, dan Label (X5) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli Ulang (Y) sebesar 27,6 % serta ada variabel diluar yang tidak diteliti tetapi ikut mempengaruhi Minat beli Ulang seperti faktor pengalaman pelanggan dan kualitas layanan sebesar 52,1 %.