PENGARUH KEPERCAYAAN DAN KUALITAS INFORMASI TERHADAP KEPETUSAN PEMBELIAN SECARA ONLINE DI SITUS SHOPEE (studi kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Ichsan Gorontalo)
Tanggal Upload: 01/06/2025
Penulis / NIM:
SITI SAVIRA MOHAMA / E2115252
Program Studi:
S1 Manajemen
Kata Kunci:
Kepercayaan, Kualitas Informasi, dan Keputusan Pembelian
Abstrak:
Tujuan dari penelitian untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Kepercayaan Dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online di Situs Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Ichsan Gorontalo). Metode analisis penelitian digunakan pada penelitian adalah analisis jalur atau path analysis. Berdasarkan hasil penelitianbahwa Nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,513 (51,3%). Hipotesispertama bahwa kepercayaan (X1) dan kualitas informasi (X2) secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Hasil perolehan untuk uji F-hitung telah menunjukkan hasil dengan nilai 47,979 sedangkan F-tabel sebesar 3,095 dan probability sig 0,000 < probability α = 0,05.Hipotesis kedua kepercayaan (X1) terhadap keputusan pembelian (Y) berpengaruhpositif dan signifikan. Nilai probability alpha (α) (0,001 < 0,05). Sedangkan untuknilait-hitunglebihbesardarinilait-tabel (3,320>1,662). Hipotesis ketiga kualitas informasi (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Nilai probability alpha (α) (0,017 < 0,05). Sedangkan untuk nilait-hitung lebih besar dari nilai t-tabel (2,436 > 1,662). Penelitian menemukan,bahwa kepercayaan lebih mendominasi tingkat pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian, sehingga perusahaan lebih dapat memperkuat tingkat kepercayaan konsumen terhadap pelayananyang tinggi, serta senantiasa dapat memberikan informasi yang berkualitas dan tepat waktu, agar keputusan pembelian konsumen akan terus meningkat.