PENGARUH LAYANAN PURNAJUAL TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN ALAT BERAT PADA PT. HEXINDO ADIPERKASA Tbk CO GORONTALO
Tanggal Upload: 03/06/2025
Penulis / NIM:
MUHAMMAD RICCI AKBAR SULAEMAN / E2117078
Program Studi:
S1 Manajemen
Kata Kunci:
layanan purnajual dan loyalitas pelanggan
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis seberapa besar pengaruh layanan purnajual yang meliputi Field Technical Assistance (X1), Spare Part Distribution (X2), dan Customer Care (X3) secara parsial dan simultan terhadap loyalitas pelanggan alat berat pada PT. Hexindo Adiperkasa Tbk CO Gorontalo. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini melalui pendekatan kuantitatif dengan penyajian secara deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner kepada responden, melakukan survei dan pengamatan di lapangan. Analisis data menggunakan path analisys. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan purnajual yang meliputi Field Technical Assistance (X1), Spare Part Distribution (X2), dan Customer Care (X3) secara simultan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan (Y) alat berat pada PT. Hexindo Adiperkasa Tbk CO Gorontalo sebesar 0.681 (68.1%). Adapun sebesar 0.319 (31.9%) dipengaruhi oleh variabel luar yang tidak diteliti berupa Produk. Field Technical Assistance (X1) berpengaruh secara parsial terhadap loyalitas pelanggan (Y) sebesar 0.072 (7.2%). Spare Part Distribution (X2) berpengaruh secara parsial terhadap loyalitas pelanggan (Y) sebesar 0.727 (72.7%). Customer Care (X3) berpengaruh secara parsial terhadap loyalitas pelanggan (Y) sebesar 0.109 (10.9%).