PENGARUH PRINSIP GOOD GOVERNANCE TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI DINAS PENANAMAN MODAL PELAYANAN TERPADU SATU PINTI (DPM-PTSP) KABUPATEN GORONTALO UTARA
Tanggal Upload: 29/06/2025
Penulis / NIM:
TETI DOLI / S2121026
Program Studi:
S1 Ilmu Pemerintahan
Kata Kunci:
prinsip Good Governance, kualitas pelayanan public, Badan Perizinan Pelayanan Terpadu Satu Pintu
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk pengaruh prinsip good governance terhadap kualitas pelayanan publik di Badan Perizinan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPTSP) Kabupaten Gorontalo Utara. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 38 orang. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil ini menunjukkan bahwa prinsip Good Governance berpengaruh terhadap kualitas pelayanan publik di Badan Perizinan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPTSP) Kabupaten Gorontalo Utara, 0,726 atau 72,6 persen. Sisanya sebesar 0,274 atau 27,4 persen dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terhadap indikator penelitian, masih terdapat beberapa indikator prinsip good governance yang mendapat tanggapan negative dari responden, yaitu sebagian pegawai kurang memiliki kepatuhan terhadap prosedur pelayanan yang ditetapkan, pegawai masih kurang dalam menginformasikan terkait pengelolaan sumber daya publik kepada pihak yang membutuhkan informasi, serta kurang tersedia unit khusus untuk menampung keluhan masyarakat terkait pelayanan.