PENGARUH LEVERAGE DAN PROFITABILITAS TERHADAP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) (Studi pada Sub Sektor Makanan dan Minuman di Bursa Efek Indonesia tahun 2014 -2018)
Tanggal Upload: 30/05/2025
Penulis / NIM:
DELFI OKTAVIANTY IBRAHIM / E2116113
Program Studi:
S1 Manajemen
Kata Kunci:
Leverage, Profitabilitas, dan Corporate Social Responsibility (CSR).
Abstrak:
Penggunaan Corporate Social Responsibility (CSR) berhubungan dengan kemampuan perusahaan untuk memiliki citra perusahaan dimata masyarakat lingkungan perusahaan dan konsumen yang dipengaruhi oleh leverage dan profitabilitas. Oleh karena itu penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh leverage ( ) dan profitabilitas ( ) terhadap Corporate Social Responsibility (CSR) (Y). Leverage diukur menggunakan debt to equity ratio (DER), Profitabilitas diukur menggunakan gross profit margin (GPM) dan retrun on asset (ROA) dan Corporate Social Responsibility (CSR) diukur menggunakan corporate social responsibility disclosure index (CSRDI) pada perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di bursa efek Indonesia (BEI) tahun 2014-2018. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, sehingga sampel dalam penelitian ini 11 perusahaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini kuantitatif yang menggunakan analisis regresi berganda. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa Leverage dan Profitabilitas tidak berpengaruh secara parsial terhadap Corporate Social Responsibility (CSR) dan secara simulutan Leverage dan Profitabilitas tidak berpengaruh terhadap Corporate Social Responsibility (CSR).