SKRIPSI

File Icon

pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadapa loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan pada toko nengah di kota gorontalo

Tanggal Upload: 31/05/2025

Penulis / NIM:
HARYATI MASULILI / E2119082

Program Studi:
S1 Manajemen

Tahun Akademik:
2023

Kata Kunci:
kualitas, harga, loyalitas, kepuasan pelanggan

Abstrak:

Tujuan dari penelitian untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitaspelayanan dan harga terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan padatoko nengah di kota Gorontalo. Metode analisis penelitian digunakan padapenelitian adalah analisis jalur atau path analysis. Alat analisis yang digunakanyakni smartPLS versi 3.0. Jumlah populasi dalam penelitian adalah populasi yangtidak terhingga atau tidak diketahui, yakni seluruh konsumen atau tamu yangmenginap pada toko Nenga Gorontalo. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 160responden. hasil dalam penelitian pada hipotesis pertama, bahwa hasil kualitaspelayanan berpengaruh signifikan terahdap loyalitas pelanggan, hal ini ditunjukkandengan nilai p-value sebesar 0,000 dengan t-statistik sebesar 4,259. Oleh karenanilai p value > 0,05 dan t-statistik < 1,96. Hipotesis kedua bahwa harga berpengaruhsignifikan terhadap loyalitas pelanggan, hal ini ditunjukkan bahwa nilai p-valuesebesar 0,000 dengan t-statistik sebesar 7,946. Oleh karena nilai p-value < 0,05 dant-statistik > 1,96. Hipotesis ketiga bahwa kepuasan pelanggan memediasi hubungankualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan. Hasil ini ditunjukkan dengan nilaidari p-value sebesar 0,045 dan nilai t-statistik adalah 2,009 (< 0,05) dan t-statistik>1,96). Hipotesis keempat bahwa kepuasan pelanggan tidak memberikan peranmediasi hubungan harga terhadap loyalitas pelanggan, hal ini ditunjukkan dengannilai dari p-value sebesar 0,533 dan nilai t-statistik adalah 0,624 (> 0,05 dan tstatistik < 1,96).
Berkas Lampiran
Unduh File