KUALITAS PELAYANAN PETUGAS DI OBJEK WISATA PEMANDIAN LOMBONGO KABUPATEN BONE BOLANGO
Tanggal Upload: 29/05/2025
Penulis / NIM:
SRI ANGGRIANI AHMAD / S2116045
Program Studi:
S1 Ilmu Pemerintahan
Kata Kunci:
Kualitas Pelayanan, Objek Wisata
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas Pelayanan Petugas di Objek Wisata Pemandian Lombongo Kabupaten Bone Bolango. Adapun jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah jenis penelitian kualitatif dengan prosedur pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Kualitas Pelayanan Publik di Objek Wisata Pemandian Lombongo Kabupaten Bone Bolango cukup baik berdasarkan fungsi tangibles (bukti fisik) cukup memuaskan karena sudah dibangunnya kolam renang VIP. Sarana prasarana yang lengkap akan tetapi kurang dibersihkan rumput-rumputnya serta kurang diperhatikan. Reliability memiliki kendala dalam hal jumlah petugas yang ditempatkan di Objek Wisata Pemandian Lombongo. Daya Tanggap (Responsiveness) tidak begitu bagus karena pengunjung harus mencari sendiri tempat pada saat masuk kedalam objek wisata namun petugas selalu mengingatkan akan barang berharga untuk selalu dibawah agar terhindar dari kejahatan. Assurance (Jaminan) yang dilakukan oleh petugas adanya keluhan selalu di respon namun prakteknya kadang lama. Empati (Emphaty) petugas menyapa dengan sopan santun selalu bersikap ramah terhadap pengunjung.