SKRIPSI

File Icon

PERANCANGAN GAME EDUKASI RUN AND FIND THE ­­ANSWER MENGGUNAKAN METODE COLLISION DETECTION DAN FINITE STATE MACHINE (Studi Kasus Pembelajaran Bahasa Inggris Sekolah Dasar)

Tanggal Upload: 01/06/2025

Penulis / NIM:
AWALLUDIN PANTOIYO / T3119053

Program Studi:
S1 Teknik Informatika

Tahun Akademik:
2023

Kata Kunci:
gameedukasi, bahasa Inggris, sekolah dasar, collisiondetection, finitestatemachine

Abstrak:

Kecenderungan anak dalam memainkan gametanpa konten edukasi dikhawatirkan dapat memberikan dampak negatif. Menjadikan gamesebagai media edukasi bukanlah hal yang salah dikarenakan gamemerupakan salah satu media yang bersifat menghibur dan secara tidak langsung dapat mendidik siswa melalui apa yang mereka kerjakan dalam gamekhususnya dalam bidang Bahasa Inggris. pembelajaran Bahasa Inggris di sekolah dasar dirasa tidak menyenangkan yang menyebabkan sulitnya siswa untuk memahami dan mengingat kosakata dalam Bahasa Inggris. dalam penelitian ini penulis berinisiatif untuk merancang game edukasi yang Bernama RunandFindtheAnswer. Untuk menghasilkan pergerakan yang realistis dalam sebuah gamepenggunaan metode CollisionDetectiondan FiniteStateMachineakan dibutuhkan. Perancangan gameRunandFindtheAnswerbertujuan untuk menghasilkan gameyang menyenangkan dan mampu memberikan edukasi Bahasa Inggris kepada siswa sekolah dasar. Hasil penelitian telah berhasil diciptakan game edukasi Run andFind theAnswersebagai media pembelajaran Bahasa Inggris. Penggunaan metode CollisionDetectiondan Finite State Machinemampu menghasilkan pergerakan karakter enemyyang realistissehingga menghasilkan game playyang menarik dan menyenangkan. Pengujian Black Box Testingmenunjukkan bahwa fitur yang terdapat dalam gamemampu berjalan dengan baik sesuai dengan fungsinya. Sedangkan untuk hasil User Acceptance Testingmenunjukan total skor 2183 (87.32%) dengan kategori Sangat Layak yang menunjukkan bahwa gameyang telah dirancang mampu diterima dengan baik oleh siswa sekolah dasar.
Berkas Lampiran
Unduh File