ANALISIS PERILAKU KONSUMEN DAN PENGARUHNYA TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA DD MART MARISA KABUPTEN POHUWATO
Tanggal Upload: 31/05/2025
Penulis / NIM:
SILVONI ISMAIL / E2119120
Program Studi:
S1 Manajemen
Kata Kunci:
Perilaku konsumen (faktor budaya dan psikologis) dan volume penjualan
Abstrak:
Tujuan penelitian yang dilakukan penulis adalah: (a) Untuk menganalisis pengaruh perilaku konsumen berupa faktor budaya dan faktor psikologis secara simultan terhadap volume penjualan pada DD Mart Marisa Kabupaten Pohuwato. (b) Untuk menganalisis pengaruh perilaku konsumen berupa faktor budaya secara parsial terhadap volume penjualan pada DD Mart Marisa Kabupaten Pohuwato. (c) Untuk menganalisis pengaruh perilaku konsumen berupa faktor psikologis secara parsial terhadap volume penjualan pada DD Mart Marisa Kabupaten Pohuwato.
Analisis data penelitian menunjukkan bahwa : (a) Faktor budaya secara parsial memiliki pengaruh positif sebesar 0,254 meskipun tidak signifikan terhadap volume penjualan pada DD Mart Marisa Kabupaten Pohuwato. (b) Faktor psikologi secara parsial memiliki pengaruh negatif sebesar 0,030 dan tidak signifikan terhadap volume penjualan pada DD Mart Marisa Kabupaten Pohuwato. (c) Faktor budaya dan faktor psikologi secara simultan memiliki pengaruh positif terhadapvolume penjualan sebesar 6,7% dan tidak signifikan pada DD Mart Marisa Kabupaten Pohuwato.