STRATEGI KOMUNIKASI HUMAS PT PLN (PERSERO) UP3 GORONTALO DALAM MEMBINA HUBUNGAN BAIK DENGAN PUBLIC INTERNAL
Tanggal Upload: 04/06/2025
Penulis / NIM:
MOH. FADEL LAMINULLAH / S2217014
Program Studi:
S1 Ilmu Komunikasi
Kata Kunci:
Komunikasi, Humas, Public internal
Abstrak:
Dalam sebuah organisasi, proses yang berjalan di dalamnya tidak akan terlepas
dari aktivitas komunikasi. Hal ini disebabkan komunikasi merupakan bagian
internal dari organisasi. Komunikasi merupakan sistem yang menghubungkan
antara orang-orang, maupun antara bagian-bagian dalam organisasi. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui Bagaimana Strategi Komunikasi Humas PT PLN
(Persero) UP3 Gorontalo Dalam Membina Hubungan Baik Dengan Public
internal ?. Penelitian ini dilakukan di Kantor PT Perusahaan Listrik Negara
Persero Cabang Gorontalo Provinsi Gorontalo. Metode yang digunakan dalam
peneltian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Informan penelitian
diperoleh secara sengaja ( purposive ). Pengumpulan data dilakukan melalui
kegiatan observasi, wawancara mendalam dengan para informan, serta kajian
dokumen dan literatur. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data
Miles dan Huberman.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi Komunikasi Humas PT PLN
(Persero) UP3 Gorontalo Dalam Membina Hubungan Baik Dengan Public
internal adalah penasehat ahli di dalam memberikan saran dan masukan kepada
pihak lembaga/manajemen, sebagai fasilitator komunikasi utamanya penghubung
diantara pihak manajemen perusahaan dan public internal , sebagai fasilitator
proses pemecahan masalah dalam mengatasi persoalan-persoalan atau krisis
lembaga, Sebagai teknisi komunikasi dengan melaksanakan kegiatan-kegiatan
yang bersifat publikasi. Selain itu juga terdapat activitas untuk membina
hubungan baik antar public internal yaitu FGD, CoC dan CMC