PENGARUH SERVICESCAPE DAN CUSTOMER INVOLVEMENT TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DI WARUNG KOPI (Studi Kasus WK Warung Kopi Gorontalo)
Tanggal Upload: 04/06/2025
Penulis / NIM:
RENDY TOMY SAPUTRA MUSTARI / E2117087
Program Studi:
S1 Manajemen
Kata Kunci:
Servicescape, Customer Involvement, Loyalitas Pelanggan
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui pengaruh pengaruh Servicescape (X1)
dan Customer Involvement (X2) terhadap Loyalitas Pelanggan (Y) di warung kopi
(studi kasus WK warung kopi Gorontalo). Metode yang digunakanan di dalam
penelitian ini melalui pendekatan kuantitatif dengan penyajian secara deskriptif.
Penentuan populasi dan teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam
penelitian ini menggunakan metode Sensus, teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah observasi, waancara, kuesioner dan sokumentasi, dan Metode
analisis yang digunakan adalah metode analisis jalur (Path Analysis).
Hasil pengujian pertama menunjukan bahwa variabel Servicescape (X1) dan
Customer Involvement (X2) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap
Loyalitas Pelanggan (Y) di warung kopi (studi kasus WK warung kopi Gorontalo)
yaitu sebesar 0,444 atau 44,4%. Hasil pengujian hipotesis kedua menunjukan
bahwa Servicescape (X1) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas
Pelanggan (Y) di warung kopi (studi kasus WK warung kopi Gorontalo) yakni
sebesar 0.541 atau 54,1%. Hasil pengujian ketiga menunjukkan bahwa Customer
Involvement (X2) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas
Pelanggan (Y) di warung kopi (studi kasus WK warung kopi Gorontalo) yakni
sebesar 0.180 atau 18%.