ANALISIS KOMUNIKASI PEMASARAN PENJUALAN TIKET PESAWAT DI PT.TX TOUR AND TRAVEL CABANG GORONTALO
Tanggal Upload: 04/06/2025
Penulis / NIM:
ADE SAFITRI BILUDI / S2218005
Program Studi:
S1 Ilmu Komunikasi
Kata Kunci:
komunikasi pemasaran, penjualan tiket pesawat
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis komunikasi
pemasaran penjualan tiket pesawat di PT. TX Tour and Travel Cabang Gorontalo.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode
kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,
wawancara, serta dokumentasi dengan mengumpulkan data serta informasi dari
berbagai sumber. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa pemilik serta karyawan
pada Travel Agent ini telah melakukan strategi komunikasi pemasaran (Morissan,
2010), yaitu (1) Pemasaran langsung dilakukan dengan cara memberikan
penawaran langsung kepada calon pelanggan produk atau jasa apa yang ada di TX
Travel. (2) Promosi penjualan yang dilakukan di TX Travel dengan memberikan
potongan harga minimal pembelian 20 tiket pesawat. (3) Periklanan yang
dilakukan di TX Travel dengan aktif mempromosikan melalui media sosial. (4)
Penjualan personal yang dilakukan di TX Travel dengan cara melakukan
komunikasi secara tatap muka dengan pelanggan yang datang langsung. (5) dan
Kehumasan di TX Travel hanya dilakukan melalui aktivitas kehumasan dengan
pola umum karena TX Travel tidak memiliki divisi khusus kehumasan.
Komunikasi pemasaran yang diterapkan oleh TX Travel memiliki kekuatan untuk
tetap bertahan di tengah perkembangan dan persaingan. Namun, TX Travel masih
memiliki kelemahan yang perlu ditingkatkan lagi dengan teknik perencanaan
strategi baru yang lebih inovatif untuk menghadapi persaingan pada bisnis wisata
perjalanan.