SKRIPSI

File Icon

ANALISIS KOMUNIKASI PEMASARAN PENJUALAN TIKET PESAWAT DI PT.TX TOUR AND TRAVEL CABANG GORONTALO

Tanggal Upload: 04/06/2025

Penulis / NIM:
ADE SAFITRI BILUDI / S2218005

Program Studi:
S1 Ilmu Komunikasi

Tahun Akademik:
2022

Kata Kunci:
komunikasi pemasaran, penjualan tiket pesawat

Abstrak:

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis komunikasi pemasaran penjualan tiket pesawat di PT. TX Tour and Travel Cabang Gorontalo. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, serta dokumentasi dengan mengumpulkan data serta informasi dari berbagai sumber. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa pemilik serta karyawan pada Travel Agent ini telah melakukan strategi komunikasi pemasaran (Morissan, 2010), yaitu (1) Pemasaran langsung dilakukan dengan cara memberikan penawaran langsung kepada calon pelanggan produk atau jasa apa yang ada di TX Travel. (2) Promosi penjualan yang dilakukan di TX Travel dengan memberikan potongan harga minimal pembelian 20 tiket pesawat. (3) Periklanan yang dilakukan di TX Travel dengan aktif mempromosikan melalui media sosial. (4) Penjualan personal yang dilakukan di TX Travel dengan cara melakukan komunikasi secara tatap muka dengan pelanggan yang datang langsung. (5) dan Kehumasan di TX Travel hanya dilakukan melalui aktivitas kehumasan dengan pola umum karena TX Travel tidak memiliki divisi khusus kehumasan. Komunikasi pemasaran yang diterapkan oleh TX Travel memiliki kekuatan untuk tetap bertahan di tengah perkembangan dan persaingan. Namun, TX Travel masih memiliki kelemahan yang perlu ditingkatkan lagi dengan teknik perencanaan strategi baru yang lebih inovatif untuk menghadapi persaingan pada bisnis wisata perjalanan.
Berkas Lampiran
Unduh File