PENGARUH IKLIM KOMUNIKASI ORGANISASITERHADAP KINERJA PEGAWAI DI KANTOR BADANPERENCANAAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGANDAERAH KOTA GORONTALO
Tanggal Upload: 13/07/2025
Penulis / NIM:
FERINA BAKARI / S2221008
Program Studi:
S1 Ilmu Komunikasi
Kata Kunci:
iklim komunikasi organisasi, kinerja pegawai
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklim komunikasi organisasi terhadap kinerja pegawai di Kantor Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kota Gorontalo. Iklim komunikasi organisasi diartikan sebagai persepsi bersama tentang lingkungan komunikasi di tempat kerja, yang mencakup keterbukaan, kepercayaan, partisipasi, dan dukungan komunikasi antar anggota organisasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode regresi sederhana. Populasi d dan sample d dalam penelitian ini adalah pegawai dengan instrumen penelitian berupa kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data dianalisis menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara iklim komunikasi organisasi terhadap kinerja pegawai. Artinya, semakin baik iklim komunikasi dalam organisasi, maka semakin tinggi pula kinerja pegawai. Penelitian ini memberikan implikasi bahwa pengelolaan komunikasi yang efektif di lingkungan organisasi sangat penting untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas kerja pegawai.