TingkaT KEPUASAN PETANI TERHADAP KINERJA PENYULUH PERTANIAN DI DESA LUHU KECAMATAN TELAGA
Tanggal Upload: 01/06/2025
Penulis / NIM:
ADY PRABOWO / P2219009
Program Studi:
S1 Agribisnis
Kata Kunci:
Tingkat Kepuasan, Mutu Pelayanan, Customer Satisfaction Index
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepentingan dan kinerja pelayanan penyuluh pertanian. Penelitian dilakukan pada bulan Januari – – Februari 2023. Metode yang digunakan dalam pengukuran tingkat kepuasan menggunakan skala likert dengan 5 alternatif jawaban. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder, Penentuan responden dengan menggunakan cara accidental sampling yaitu suatu metode penentuan sampel dengan mengambil responden yang tersedia di suatu tempat sesuai dengan konteks penelitian, dari jumlah populasi sebanyak 278 petani dengan sampel yang diambil sebanyak 100 orang dengan menggunakan perhitungan slovin dengan tingkat kesalahan 5%. Teknik analisis data menggunakan Customer Satisfaction Index (CSI) yaitu suatu Teknik analisis mengukur kepuasan secara keseluruhan. Hasil penelitian menunjukkan kepuasan petani terhadap kinerja penyuluh dikatakan sangat puas hal ini di lihat dari hasil skor rata-rata yang digunakan untuk mengukur tingkat kepuasan petani terhadap kinerja penyuluh pertanian yaitu dimensi tangibless 4,28 dengan deskripsi sangat puas, dimensi reliability 4,24 dengan deskripsi sangat puas, dimensi responsiveness 4,28 dengan deskripsi sangat puas, dimensi assurance 4,29 dengan deskripsi sangat puas, dimensi emphathy 4,28 dengan deskripsi sangat Puas, Dan juga hasil dari analisis Customer Satisfaction Index (CSI) yang didapatkan sebesar 86.20 dengan deskripsi sangat puas. Ini artinya petani sangat puas dengan kinerja penyuluh yang ada di Desa Luhu Kecamatan Telaga.