PENGARUH BAURAN PENJUALAN ECERAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA TOKO KERAWANG KEMBANG INDAH KOTA GORONTALO
Tanggal Upload: 30/05/2025
Penulis / NIM:
APRIYANTI BLONGKOD / E2115046
Program Studi:
S1 Manajemen
Kata Kunci:
bauran penjualan eceran, keputusan pembelian
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh lokasi toko dan desain toko secara parsial dan simultan terhadap minat beli bauran penjualan eceran (X) yang terdiri dari lokasi toko (X1), pelayanan (X2), produk yang ditawarkan (X3), harga (X4), suasana toko (X5), karyawan toko (X6), secara simultan terhadap keputusan pembelian pada Toko Kerawang Kembang Indah Kota Gorontalo. Metode pengumpulan data pokok yaitu melalui daftar pernyataan yang diuji melalui uji validitas dan uji reliabilitas. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis jalur (Path Analysis).
Hasil pengujian pertama menunjukan bahwa variabel penjualan eceran (X) yang terdiri dari lokasi toko (X1), pelayanan (X2), produk yang ditawarkan (X3), harga (X4), suasana toko (X5), karyawan toko (X6), berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian pada Toko Kerawang Kembang Indah Kota Gorontalo yaitu sebesar 0.302 atau 30,2%.
Hasil pengujian hipotesis kedua menunjukan bahwa lokasi toko (X1) berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian pada Toko Kerawang Kembang Indah Kota Gorontalo yakni sebesar 0.316 atau 31,6%. Hasil pengujian ketiga menunjukkan bahwa variabel pelayanan (X2) berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian pada Toko Kerawang Kembang Indah Kota Gorontalo yakni sebesar 0,296 atau 29,6%. Hasil pengujian keempat menunjukkan bahwa variabel produk yang ditawarkan (X3) secara parsial terhadap keputusan pembelian pada Toko Kerawang Kembang Indah Kota Gorontalo yakni sebesar 0.502 atau 50,2%. Hasil pengujian kelima menunjukkan bahwa variabel harga (X4) tidak berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian pada Toko Kerawang Kembang Indah Kota Gorontalo yakni sebesar -0.221 atau -22,1%. Hasil pengujian keenam menunjukkan bahwa variabel suasana toko (X5) berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian pada Toko Kerawang Kembang Indah Kota Gorontalo yakni sebesar 0.141 atau 14,1%. Hasil pengujian keenam menunjukkan bahwa variabel karyawan toko (X6) tidak berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian pada Toko Kerawang Kembang Indah Kota Gorontalo yakni sebesar -0.193 atau -19,3%.