PENGARUH DISIPLIN KERJA PEGAWAI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN MASYARAKAT PADA DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU (DPM- PTSP) KOTA GORONTALO
Tanggal Upload: 29/05/2025
Penulis / NIM:
EGI MELIANA EVIKA SYAFII / S2116007
Program Studi:
S1 Ilmu Pemerintahan
Abstrak:
Egi Meliana E Syafii. (S2116007). “Pengaruh Disiplin Kerja Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Masyarakat Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kota Gorontalo”. (Dibimbing oleh bapak Dr. Arman, S.Sos., M.Si selaku pembimbing utama dan Bapak Hasan Bau, S.E., M.Si selaku pembimbing kedua).
Penelitian ini bertujuan untuk memenuhi tugas akhir sekaligus untuk mengetahui Pengaruh Disiplin Kerja Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan Masyarakat Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kota Gorontalo. Dari hasil analisis deskriptif maka diketahui bahwa variabel kualitas pelayanan publik tedapat pada kriteria yang cukup baik dengan skor 78,63%. Pengaruh langsung yang positif dan signifikan secara simultan antara variabel Disiplin Preventif (X1) dan Disiplin Korektif (X2) terhadap Kualitas Pelayanan (Y) sebesar 0,771 atau 77,1%. Pengaruh langsung positif dan signifikan antara Disiplin Preventif(X1) terhadap Kualitas Pelayanan (Y) sebesar 0,294 atau 29,4%. Pengaruh langsung positif dan signifikan antara Disiplin Korektif (X2) terhadap Kualitas Pelayanan (Y) sebesar 0,666 atau 66,6%. Hasil ini menunjukkan Pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kota Gorontalo terdapat capaian hasil kerja yang baik dimana pekerjaan yang dilakukan telah sesuai dengan kualitas pelayanan public yang telah ditetapkan. Pelayanan yang berkulitas akan mendorong terciptanya kepuasan masyarakat atas pelayanan yang dilakukan.