ANALISIS EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING SPADA UNISAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE SYSTEM USABILITY SCALE (SUS)
Tanggal Upload: 03/09/2024
Penulis / NIM:
MUHLIS DAMOPOLII / T3117079
Program Studi:
S1 Teknik Informatika
Abstrak:
Pembelajaran daring adalah pembelajaran jarak jauh yang dilakukan secara tidak langsung atau tatap muka, komunikasi melalui video conference, unggah dan upload materi dan tugas melalui internet. pembelajaran daring bukanlah hal baru. Sudah banyak diterapkan di sekolah-sekolah menengah maupun diperguruan tinggi tetapi tidak efektif karena minimnya fasilitas. Hal ini terjadi di perguruan tinggi antara mahasiswa dan dosen. Agar mahasiswa dan dosen benar-benar memahami pembelajaran daring, Universitas Ichsan Gorontalo khususnya Program Studi Teknik Informatika telah melakukan sistem pembelajaran daring dengan menggunakan alat bantu atau yang biasa disebut dengan nama aplikasinya yaitu SPADA UNISAN, layanan ini di sediakan untuk memenuhi kebutuhan proses belajar-mengajar antara mahasiswa dan dosen menjadi lebih fleksibel, efisien, terukur dan menyenagkan. Hasil dari analisis terhadap pembejaran daring menggunakan metode (sistem usability scale) bahwa hasil penilaian yang diberikan kepada 114 orang responden memperoleh skor sebesar 45%. Dengan versi Acceptability Ranges didapat Not Acceptable, hasil grade scale dari sisi tingkat penerimaan pengguna termasuk kedalam kelas Poor, dan skor yang didapat merupakan skor yang berada diatas skor rata-rata ( above avarage).Hasil ini menunjukkan bahwa sistem ini tidak dapat diterima oleh penggunanya dan telah berada dibawah standar nilai rata-rata usability yang telah ditetapkan.