KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DIMASA COVID 19 DI KANTOR KECAMATAN POSIGADAN KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW SELATAN
Tanggal Upload: 03/06/2025
Penulis / NIM:
SAFITRI M. LABACO / S2115021
Program Studi:
S1 Ilmu Pemerintahan
Kata Kunci:
kualitas, pelayanan publik, Covid 19
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Kualitas Pelayanan Publik Dimasa Covid 19 di Kantor Kecamatan Posigadan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, (2) Faktor pendukung dan penghambat pelayanan di Kantor Kecamatan Posigadan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian deskriptif kualitatif merupakan penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan dan mendeskripsikan peristiwa maupun fenomena yang terjadi di lapangan dan menyajikan data secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai faktafakta atau fenomena yang terjadi di lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan tiga komponen yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Kualitas pelayanan publik dimasa Covid 19 di Kantor Kecamatan Posigadan Kabupaten Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan sudah diterapkan dimensi Tangibel, Realiability, Responsiviness, Assurance dan Emphaty beserta indikatornya, penerapan dari semua indikatornya sudah dapat dikatakan baik.
(2) Faktor penghambat pelaksanaan pelayanan publik di masa Covid 19 di Kantor Kecamatan Posigadan yaitu jaringan internet yang kurang baik dan sikap masyarakat yang tidak mempedulikan protokol kesehatan. Sedangkan (3) faktor pendukungnya adalah semangat yang diberikan pegawai satu sama lain dan faktor pendukung lain adalah adanya fasilitas berupa alat bantu untuk memudahkan proses pelayanan.