SKRIPSI

File Icon

EFISIENSI PEMASARAN CABAI RAWIT DI KECAMATAN BOLAANG UKI KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW SELATAN

Tanggal Upload: 30/05/2025

Penulis / NIM:
TIARA ANINDA DJAFAR / P2216012

Program Studi:
S1 Agribisnis

Tahun Akademik:
2020

Kata Kunci:
Efisiensi, Marjin, Saluran Pemasaran.

Abstrak:

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui saluran pemasaran cabai rawit, untuk mengetahui besar marjin pemasaran dari setiap lembaga pemasaran dan untuk mengetahui tingkat efisiensi pemasaran cabai rawit di Kecamatan Bolaang Uki Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Metode yang digunakan yaitu saluran pemasaran. Dengan jumlah sampel sebanyak 90 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian di peroleh saluran pemasaran yaitu (1)petani-pedagang pengecer- konsumen,(2) petani-pedagang pengumpul-pedagang pengecer-konsumen,(3) petani-pedagang pengumpul-pedagang besar-pedagang pengecer-konsumen. Marjin pemasaran cabai ditingkat pedagang besar dan pedagang pengumpul sebesar Rp 10.000 sementara yang tertinggi pada tingkat pedagang pengecer sebesar Rp 15.000. masing-masing lemabaga pemasaran cabai rawit baik pedagang besar, pedagang pengumpul, dan pedagang pengecer efisien dalam pemasaran cabai rawit dengan kriteria 0,81% pada tingkat pedagang besar, 0,30% di tingkat pedagang pengumpul dan 0,64% pada tingkat pedagang pengecer.
Berkas Lampiran
Unduh File