PENGARUH MOTIVASI DAN KNOWLEDGE OF ENTREPRENEURSHIP TERHADAP KINERJA ENTREPRENEUR (Studi Kasus Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Warung Makan Kota Gorontalo)
Tanggal Upload: 01/06/2025
Penulis / NIM:
RIZKA KURNIATI SUNGE / E2116020
Program Studi:
S1 Manajemen
Kata Kunci:
motivasi, knowledge of entepreneurship, kinerja entrepreneur
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh motivasi dan knowledge of entrepreneurship terhadap kinerja entrepreneur dengan mengambil studi kasus pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) warung makan Kota Gorontalo. Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 84 responden dengan kuesioner yang dijadikan sebagai alat pengumpul data utama. Teknik analisis data menggunakan path analysis. Berdasarkan hasil penelitian ini, terindikasi bahwa motivasi (X1) dan knowledge of entrepreneurship (X2) secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja entrepreneur (Y) sebesar 0,360 atau 36,0% dan epsilon 64,0% yang ditentukan oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti. Motivasi (X1) secara parsial mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja entrepreneur (Y) sebesar 0,271, dan knowledge of entrepreneurship (X2) secara parsial mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja entrepreneur (Y) sebesar 0,371.