FAKTOR PENDUKUNG PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR KECAMATAN TELAGA KABUPATEN GORONTALO
Tanggal Upload: 01/06/2025
Penulis / NIM:
SRI MEILANI KANTU / S2117042
Program Studi:
S1 Ilmu Pemerintahan
Kata Kunci:
Faktor Pendukung, Pelayanan Publik
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Factor Pendukung Pelayanan Public Dikantor Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif yang bersifat ddeskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa dimana pelayanan yang dilaksanakan pada kantor camat telaga belum berjalan sesuai dengan keinginan masyarakat antara lain yaitu factor kesadaran ditunjukan kepada nilai-nilai ASN dalam bekerja, khususnya bagi masyarakat yang membutuhkan pelayanan kependudukan. Factor aturan ditunjukan dengan kurangnya pemahaman masyarakat dalam berbagai aturan hukum yang berlaku. Factor organisasi melihat bagaimana peran dari kantor camat merangkul kerja sama dengan organisasi pemerintah maupun swasta lainnya yang mempunyai visi dan misi yang sama dalam memberikan pelayanan yang efektif kepada masyarakat. Factor pendapatan mengarah pada anggaran yang tersedia yang dikhususkan kepada program pelayanan pemerintah. Dimana anggaran yang tersedia masih sangat minim untuk kefektifan pelayanan bagi masyarakat. Dan belum adanya kewenangan kecamatan dalam mengelola keuangan. Factor kemampan ddan keterampilan akan menopang dang menjawab setiap persoalan permasalahan yang ditemui dalam bekerja, dan sebaliknya yang menjadi kendala apabila SDM yang dimiliki masih lemah akan menjadi penghambat dalam proses pelaksanaan pekerjaan. Factor sarana pelayanan difokuskan pada ketersediaan fasilitas pelayanan yang menunjang pekerjaan sehingga proses pemberian layanan kepada masyarakat dapat berjalan dengan baik.