PENGARUH ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA PEMASARAN PADA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH MEBEL DI KOTA GORONTALO
Tanggal Upload: 03/06/2025
Penulis / NIM:
HAPIA / E2115135
Program Studi:
S1 Manajemen
Kata Kunci:
orientasi pasar, orientasi pelanggan, orientasi pesaing, kinerja pemasaran
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya orientasi pasar (X)
yang terdiri dari orientasi pelanggan (X1) dan orientasi pesaing (X2)
terhadap kinerja pemasaran (Y) pada umkm Mebel di Kota Gorontalo.
Metode yang digunakanan di dalam penelitian ini melalui pendekatan
kuantitatif dengan penyajian secara deskriptif. Penentuan populasi dan
teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini
menggunakan rumus dari rumus Ferdinand, (2006). Teknik pengumpulan
data yang digunakan adalah observasi, wawancara, kuesioner dan
dokumentasi, dan Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis
jalur (Path Analysis). Hasil pengujian pertama menunjukan bahwa
orientasi pasar (X) yang terdiri dari orientasi pelanggan (X1) dan orientasi
pesaing (X2) secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap
kinerja pemasaran (Y) pada umkm Mebel di Kota Gorontalo yaitu sebesar
0,607 atau 60,7%. Hasil pengujian hipotesis kedua menunjukan bahwa
orientasi pasar (X) yang terdiri dari orientasi pelanggan (X1) secara parsial
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran (Y) pada
umkm Mebel di Kota Gorontalo yakni sebesar 0.588 atau 58,8%. Hasil
pengujian ketiga menunjukkan bahwa orientasi pasar (X) yang terdiri dari
orientasi pesaing (X2) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan
terhadap kinerja pemasaran (Y) pada umkm Mebel di Kota Gorontaloyakni
sebesar 0.273 atau 27,3%.