SKRIPSI

File Icon

PENGARUH ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA PEMASARAN PADA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH MEBEL DI KOTA GORONTALO

Tanggal Upload: 03/06/2025

Penulis / NIM:
HAPIA / E2115135

Program Studi:
S1 Manajemen

Tahun Akademik:
2022

Kata Kunci:
orientasi pasar, orientasi pelanggan, orientasi pesaing, kinerja pemasaran

Abstrak:

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya orientasi pasar (X) yang terdiri dari orientasi pelanggan (X1) dan orientasi pesaing (X2) terhadap kinerja pemasaran (Y) pada umkm Mebel di Kota Gorontalo. Metode yang digunakanan di dalam penelitian ini melalui pendekatan kuantitatif dengan penyajian secara deskriptif. Penentuan populasi dan teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan rumus dari rumus Ferdinand, (2006). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi, dan Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis jalur (Path Analysis). Hasil pengujian pertama menunjukan bahwa orientasi pasar (X) yang terdiri dari orientasi pelanggan (X1) dan orientasi pesaing (X2) secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran (Y) pada umkm Mebel di Kota Gorontalo yaitu sebesar 0,607 atau 60,7%. Hasil pengujian hipotesis kedua menunjukan bahwa orientasi pasar (X) yang terdiri dari orientasi pelanggan (X1) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran (Y) pada umkm Mebel di Kota Gorontalo yakni sebesar 0.588 atau 58,8%. Hasil pengujian ketiga menunjukkan bahwa orientasi pasar (X) yang terdiri dari orientasi pesaing (X2) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran (Y) pada umkm Mebel di Kota Gorontaloyakni sebesar 0.273 atau 27,3%.
Berkas Lampiran
Unduh File