SKRIPSI

File Icon

PENGARUH KOMPETENSI DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PEGAWAI PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KOTA GORONTALO

Tanggal Upload: 30/05/2025

Penulis / NIM:
NABILA ALHABSY / E2114223

Program Studi:
S1 Manajemen

Tahun Akademik:
2020

Kata Kunci:
Kompetensi, Lingkungan Kerja, Kualitas Pelayanan

Abstrak:

Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kompetensi (X1) dan lingkungan kerja (X2) terhadap kualita pelayanan (Y) Pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Gorontalo. Metode penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode random sampling atau secara acak, sedangkan pengumpulan data pokok yaitu melalui daftar pernyataan yang diuji melalui uji validitas dan uji reliabilitas. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis jalur (Path Analysis). Hasil pengujian pertama menunjukan bahwa variabel kompetensi (X1) dan lingkungan kerja (X2) secara simultan terhadap kualitas pelayanan Pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Gorontalo yaitu sebesar 0.769 atau 76,9%. Hasil pengujian hipotesis kedua menunjukan bahwa kompetensi (X1) dan lingkungan kerja (X2) secara parsial terhadap terhadap kualitas pelayanan Pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Gorontalo. Dimana besarnya pengaruh kompetensi (X1) terhadap kualitas pelayanan (Y) yakni sebesar 0.757 atau 75,7%, sedangkan lingkungan kerja (X2) terhadap kualitas pelayanan (Y) yakni sebesar 0.146 atau 14,6%.
Berkas Lampiran
Unduh File