SKRIPSI

File Icon

PENGARUH SERVICESCAPE TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA MAKRO DEPARTEMENT STORE GORONTALO

Tanggal Upload: 01/06/2025

Penulis / NIM:
AISA WULANDARI SUTARNO / E2116035

Program Studi:
S1 Manajemen

Tahun Akademik:
2023

Kata Kunci:
Service scape, Ambient Condition, Spatial Layout and Functionality, dan Signs, Symbols, and Artifacts, dan Minat Bel

Abstrak:

Tujuan dari penelitian untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Pengaruh Service scape, Terhadap Minat Beli Konsumen pada Makro Departement Store Gorontalo baik secara simultan maupun secara parsial. Metode analisis penelitian digunakan pada penelitian adalah analisis jalur atau path analysis. Berdasarkan hasil penelitian bahwa Nilai koefisien determinasi (RSquare) sebesar 0,882(88,2%). Hipotesis pertama bahwa Service scape yang terdiri dari Ambient Condition (X1), Spatial Layout and Functionality (X2), dan Signs, Symbols, and Artifacts (X3) secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen (Y) pada Makro Departement Store KotaGorontalo. Hasil perolehan untuk uji F-hitung telah menunjukkan hasil dengan nilai229,112sedangkanF-tabelsebesar2,701danprobabilitysig0,000<probabilityα= 0,05. Hipotesis kedua Servicescape yang meliputi dari Ambient Condition (𝑋1), secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen (Y) pada Makro Departement Store Kota Gorontalo. Nilai probability alpha (α)(0,003<0,05).Sedangkanuntuknilait-hitung lebih besar dari nilai t-tabel (3,039>1,661). Hipotesis ketiga Service scape yang terdiri dari Spatial Layoutand Functionality (𝑋2), secara Parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen (Y) pada Makro Departement Store Kota Gorontalo. Nilaiprobability alpha (α) (0,000 < 0,05). Sedangkan untuk nilai t-hitung lebih besardari nilai t-tabel (7,489 > 1,661). Hipotesis keempat Servicescape yang meliputiSigns,Symbols,andArtifacts(𝑋3),secaraParsialberpengaruhpositifdansignifikan terhadap minat beli konsumen (Y) pada Makro Departement Store KotaGorontalo. Nilai probability alpha (α) (0,000 < 0,05). Sedangkan untuk nilai t-hitung lebih besar dari nilai t-tabel (6,377 > 1,661). Penelitian menemukan, bahwa Spatial Layoutand Functionality lebih mendominasi tingkat pengaruh yang signifikan terhadap minat beli konsumen, sehingga perusahaan lebih dapat memperkuat tentang fungsi dari penataan ruangan gedung agar minat beli konsumen tetap akan meningkat.
Berkas Lampiran
Unduh File