ANALISIS SALURAN DAN MARJIN PEMASARAN KELAPA DALAM DI DESA BOHABAK II KECAMATAN BOLANGITANG TIMUR KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW UTARA
Tanggal Upload: 31/05/2025
Penulis / NIM:
MOHAMMAD SAHABUDDIN / P2215043
Program Studi:
S1 Agribisnis
Kata Kunci:
Kelapa, Saluran Pemasaran, Marjin, Farmer’s share.
Abstrak:
Sulawesi Utara merupakan daerah sentra produksi kelapa ke tiga di Indonesia setelah Provinsi Jawa timur dan Riau. Luas lahan tanaman perkebunan kelapa di Sulawesi Utara sebesar 275.656 ha. Penelitian ini bertujuan mengetahui saluran pemasaran, marjin pemasaran, dan Farmer’s Share di Desa Bohabak II Kecamatan Bolangitang Timur Kabupaten Bolaang Mongondow utara.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskiptif. Data yang diambil berupa data primer dan sekunder dengan teknik wawancara, pengamatan dan dokumentasi. Metode pengambilan sampel secara sampling jenuh atau sensus. Jumlah petani kelapa 34 orang sehingga semua populasi di ambil sebagai sampel dan pedagang pengumpul desa berjumlah 2 orang. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa saluran pemasaran di Desa Bohabak II terdapat 2 saluran pemasaran. Saluran pemasaran1 termasuk saluran langsung tanpa ada perantara sedangkaan saluran pemasaran 2 saluran tidak langsung karena mempunyai perantara. Saluran 1 tidak memiliki marjin dan Farmer’s share 100%. Dilihat dari faktor yang mendasari yaitu biaya produksi rendah, keuntungan sangat besar 1.167, pemasaranya langsung tanpa perantara, sehingga saluran ini efisien. Sedangkan saluran pemasaran 2 memiliki marjin rata-rata 875 dan farmers share rata-rata 47%, saluran ini tidak efisien karena memiliki farmers share kurang dari 50%.