STRATEGI PROMOSI DALAM UPAYA PENINGKATANKUNJUNGAN PADA MUSEUM PURBAKALA PROVINSI GORONTALO
Tanggal Upload: 29/05/2025
Penulis / NIM:
ALYA AULIYA PATUKE / S2220013
Program Studi:
S1 Ilmu Komunikasi
Kata Kunci:
Museum Purbakala, museum keliling, pameran temporer, sosial media
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi promosi dalam upaya peningkatan kunjungan wisatawan ke Museum Purbakala Provinsi Gorontalo. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini informan yang digunakan sebayak lima orang yang terdiri dari tiga orang pengelola Museum Purbakala Provinsi Gorontalo dan dua orang pengunjung dengan observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah strategi promosi yang dilakukan oleh Museum Purbakala Popaeyato Gorontalo dalam meningkatkan minat kunjungan masyarakat ke museum purbakala melalui media sosial, di mana media yang digunakan untuk kegiatan iklan adalah Instagram dan Facebook, mengadakan beberapa bentuk event dan kegiatan seperti museum keliling, pameran temporer, kegiatan belajar bersama di museum dan lomba edukatif serta aktif mempromosikan secara langsung kepada masyarakat dalam berbagai kesempatan, dan mellibatkan content creator untuk mempromosikan melalui sosial media. Sehingga tujuan yang ingin dicapai yaitu untuk dapat meningkatkan jumlah pengunjung yang datang ke tempat ini bisa diwujudkan dengan baik.