PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA RUMAH MAKAN SIMPANG 4 KECAMATAN MANANGGU
Tanggal Upload: 05/06/2025
Penulis / NIM:
YUYAN MASIU / E2119249
Program Studi:
S1 Manajemen
Kata Kunci:
kualitas produk, pelayanan, loyalitas pelanggan
Abstrak:
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan
pelayanan baik secara parsial maupun simultan terhadap loyalitas
pelanggan pada Rumah Makan Simpang 4 Mananggu. Penelitian ini
menerapkan metode kuantitatif. Metode analisis yang digunakan adalah
analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian dan analisis data
menujukkan bahwa: 1) Kualitas produk berpengaruh positif sebesar
51,40% dan signifikan secara parsial terhadap loyalitas pelanggan pada
Rumah Makan Simpang 4 Mananggu. 2) Kualitas pelayananberpengaruh
positif sebesar 34,60% dan signifikan secara parsial terhadap loyalitas
pelanggan pada Rumah Makan Simpang 4 Mananggu. 3) Kualitas produk
dan pelayanan berpengaruh positif sebesar 63,40% dan signifikan secara
simultan terhadap loyalitas pelanggan pada Rumah Makan Simpang 4 Mananggu.