EFISIENSI SALURAN PEMASARAN CABAI RAWIT DI DESA LAHUMBO KECAMATAN TILAMUTA KABUPATEN BOALEMO
Tanggal Upload: 30/05/2025
Penulis / NIM:
PEMI A. MONOARFA / P2219029
Program Studi:
S1 Agribisnis
Kata Kunci:
Cabai Rawit, Saluran, Marjin, Efisiensi.
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui efisiensi saluran pemasaran dan marjin pemasaran di Desa Lahumbo Kecamatan Tilamuta Kabupaten Boalemo. Metode Penelitian menggunakan analisis kualitatif dengan penentuan responden penelitian yaitu petani/produsen dan Lembaga pemasaran yang terlibat dalam pemasaran dan Pengambilan responden dan dilakukan dengan metode bola salju (snow ball sampling) Hasil penelitian menjelaskan Saluran Pemasaran Cabai Rawit yang ada di Desa Lahumbo Kecamatan Tilamuta Kabupaten Boalemo terdiri dari 3 (tiga) tipe saluran yaitu, Saluran 1 : Produsen, Pedagang pengumpul, Konsumen. Saluran 2 : Produsen, Pedagang pengumpul, Pedagang pengecer, Konsumen. Saluran 3 : Produsen, Pedagang pengecer, Konsumen. Margin pemasaran disimpulkan bahwa saluran 1 merupakan saluran pemasaran Cabai Rawit yang paling efisien di Desa Lahumbo Kecamatan Tilamuta Kabupaten Boalemo yakni sebesar Rp.10.000/Kg dengan nilai f farmer’s share 81.8%.