Pengaruh Viral Marketing Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Mixue Di Kota Gorontalo
Tanggal Upload: 30/05/2025
Penulis / NIM:
TRISYE VAREN ONSENG / E2120005
Program Studi:
S1 Manajemen
Kata Kunci:
viral marketing, brand awareness, keputusan pembelian
Abstrak:
Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui besarnya pengaruh Viral Marketing (X1) dan Brand Awareness (X2) terhadap keputusan pembelian pada produk Mixue di Kota Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini melalui pendekatan kuantitatif dengan penyajian secara deskriptif. Penentuan populasi dan teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode Sensus, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, kuisioner dan dokumentasi, dan metode analisis yang digunakan adalah metode analisis jalur (Path Analysis). Hasil pengujian pertama menunjukkan bahwa variabel Viral Marketing (X1) dan Brand Awareness (X2)secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada produk Mixue di Kota Gorontalo yaitu sebesar 0,730 atau 73%. Hasil pengujian hipotesis kedua menunjukkan bahwa Viral Marketing (X1) secara parsial berpengaruh positif dansignifikan terhadap keputusan pembelian pada produk Mixue di Kota Gorontalo yakni sebesar 0,547 atau 54,7%. Hasil pengujian ketiga menunjukkan Brand Awareness (X2) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada produk Mixue di Kota Gorontalo yakni sebesar 0,395 atau 39,5%.