STRATEGI PEMASARAN CENGKEH DI DESA ILOHELUMA KECAMATAN POSIGADAN KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW SELATAN
Tanggal Upload: 31/05/2025
Penulis / NIM:
STENLI BOLILIO / P2216020
Program Studi:
S1 Agribisnis
Kata Kunci:
Strategi Pemasaran Cengkeh
Abstrak:
Tujuan penelitian untuk mengetahui saluran pemasaran cengkeh di Desa Iloheluma Kecamatan Posigadan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan serta untuk merumuskan strategi pemasaran cengkeh yang baik di Desa Iloheluma Kecamatan Posigadan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa saluran pemasaran cengkeh di Desa Iloheluma Kecamatan Posigadan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan sangat dipengaruhi oleh hubungan dagang dan saling percaya antar masing-masing lembaga. Pemasaran cengkeh di di Desa Iloheluma Kecamatan Posigadan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan dari petani hingga konsumen akhir melibatkan beberapa lembaga pemasaran diantaranya petani, pedagang pengumpul dan kemudian ke Pedagang Besar. Adapun strategi pemasaran cengkeh di Desa Iloheluma Kecamatan Posigadan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatanberada di kuadran kompetitif yang mengindikasikan bahwa cengkeh unggul dalam persaingan, dengan beberapa strategi yang sudah diterapkan.