SKRIPSI

File Icon

KONTRIBUSI PEMBELAJARAN AKUNTANSI DI PERGURUAN TINGGI DAN LITERASI KEUANGAN TERHADAP PERILAKU KEUANGAN MAHASISWA PROGRAM STUDI AKUNTANSI UNIVERSITAS ICHSAN GORONTALO

Tanggal Upload: 04/06/2025

Penulis / NIM:
AGUS ALIMU / E1118078

Program Studi:
S1 Akuntansi

Tahun Akademik:
2022

Kata Kunci:
pembelajaran akuntansi, literasi keuangan, perilaku keuangan

Abstrak:

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis seberapa besar pengaruh Pembelajaran Akuntansi di Perguruan Tinggi (X1) dan Literasi Keuangan (X2) terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa Program Studi Akuntansi Universitas Ichsan Gorontalo menggunakan metode survei, metode pengumpulan data menggunakan kuisioner kepada responden. Analisis menggunakan path analisis. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1.Pembelajaran Akuntansi di Perguruan Tinggi (X1) dan Literasi Keuangan (X2) secara simultan berpengaruh terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa sebesar 0,377 (37,7%). 2.Pembelajaran Akuntansi di Perguruan Tinggi (X1) tidak memiliki koefisien pengaruh terhadap variabel Perilaku Keuangan Mahasiswa (Y) sebesar 0.0504 ( 5.04 %). 3.Pengaruh Literasi Keuangan secara Parsial terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa pada Program Studi Akuntansi Universitas Ichsan Gorontalo bahwa Literasi Keuangan (X2) memiliki koefisien pengaruh positif terhadap variabel Perilaku Keuangan Mahasiswa (Y) sebesar 0,3264 ( 32.64 %).
Berkas Lampiran
Unduh File