KONTRIBUSI PEMBELAJARAN AKUNTANSI DI PERGURUAN TINGGI DAN LITERASI KEUANGAN TERHADAP PERILAKU KEUANGAN MAHASISWA PROGRAM STUDI AKUNTANSI UNIVERSITAS ICHSAN GORONTALO
Tanggal Upload: 04/06/2025
Penulis / NIM:
AGUS ALIMU / E1118078
Program Studi:
S1 Akuntansi
Kata Kunci:
pembelajaran akuntansi, literasi keuangan, perilaku keuangan
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis seberapa besar
pengaruh Pembelajaran Akuntansi di Perguruan Tinggi (X1) dan Literasi
Keuangan (X2) terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa Program Studi Akuntansi
Universitas Ichsan Gorontalo menggunakan metode survei, metode pengumpulan
data menggunakan kuisioner kepada responden. Analisis menggunakan path
analisis. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1.Pembelajaran Akuntansi di
Perguruan Tinggi (X1) dan Literasi Keuangan (X2) secara simultan berpengaruh
terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa sebesar 0,377 (37,7%). 2.Pembelajaran
Akuntansi di Perguruan Tinggi (X1) tidak memiliki koefisien pengaruh terhadap
variabel Perilaku Keuangan Mahasiswa (Y) sebesar 0.0504 ( 5.04 %). 3.Pengaruh
Literasi Keuangan secara Parsial terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa pada
Program Studi Akuntansi Universitas Ichsan Gorontalo bahwa Literasi Keuangan
(X2) memiliki koefisien pengaruh positif terhadap variabel Perilaku Keuangan
Mahasiswa (Y) sebesar 0,3264 ( 32.64 %).