STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN HOME CREDIT PADA CALON KONSUMEN DI KOTA GORONTALO
Tanggal Upload: 30/05/2025
Penulis / NIM:
FITRI YANTI HUSAIN / S2216038
Program Studi:
S1 Ilmu Komunikasi
Kata Kunci:
Strategi, komunikasi pemasaran, konsumen
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi yang diterapkan oleh Home Credit dalam program jasa kredit untuk menarik minat konsumen. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini berjumlah satu orang yang diambil melalui teknik purposif dengan pertimbangan, informannya adalah manager dari Home Credit. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dengan manager Home Credit melalui email yang dikirim dalam bentuk pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Home Credit khususnya di Kota Gorontalo yaitu: 1. Iklan yang digunakan tersebut berupa iklan penawaran (niaga) dimana Home Credit mempromosikan melalui online dan media cetak; 2. Promosi penjualan Home Credit melakukan flash sale, promo penawaran bunga 0%, program loyalitas untuk mempertahankan pelanggan lama dengan memberikan rewards; 3.Direct marketing yaitu sistem marketing sebuah organisasi yang berkomunikasi secara langsung dengan target konsumen untuk menghasilkan respons atau transaksi, respon yang dihasilkan bisa berupa pembelian atau dukungan; dan 4. Interactive marketing selain melakukan pemasaran offline juga melakukan pemasaran secara online melalui aplikasi, social media, dan website resmi Home Credit.