PENGARUH PERSEPSI KEAMANAN, KEMUDAHAN BERTRANSAKSI, KEPERCAYAAN DAN PENGALAMAN BERBELANJA TERHADAP MINAT BELI SECARA ONLINE DI JD.ID
Tanggal Upload: 29/05/2025
Penulis / NIM:
DEA CARISSA ANWAR / E2116121
Program Studi:
S1 Manajemen
Kata Kunci:
Persepsi Keamanan, Kemudahan Bertransaksi, Kepercayaan, Pengalaman Berbelanja, Minat Beli
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui seberapa besar Pengaruh Persepsi Keamanan, Kemudahan Bertransaksi, Kepercayaan dan Pengalaman Berbelanja Terhadap Minat beli Secara Online di JD.ID. Sampel penelitian berjumlah 90 orang dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data dan menggunakan Analisis jalur (Path Analysis) sebagai metode analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Persepsi Keamanan (X1), Kemudahan Bertransaksi (X2), Kepercayaan (X3) dan Pengalaman Berbelanja secara simultan berpengaruh terhadap Minat Beli (Y) secara online di JD.ID sebesar 0,502 (50,2%), terdapat sebesar 0,498 (49,8%) dipengaruhi oleh variabel luar yang tidak diteliti. Persepsi Keamanan (X1) secara parsial berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Minat Beli (Y), Kemudahan Bertransaki secara parsial berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Minat Beli (Y), Kepercayaan (X3) secara parsial berpengaruh dan signifikan terhadap Minat Beli (Y), dan Pengalaman Berbelanja secara parsial Berpengaruh dan signifikan terhadap minat Beli (Y).