PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA SASHOP GORONTALO
Tanggal Upload: 30/05/2025
Penulis / NIM:
MENTARI BANTU / E2119016
Program Studi:
S1 Manajemen
Kata Kunci:
Social Media Marketing, keputusan pembelian
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh Social Media Marketing (X) yang terdiri dari Content Creation (X1), Content Sharing (X2), Connecting (X3), dan Community Building (X4) terhadapKeputusan Pembelian(Y) pada Sashop Gorontalo. Pengumpulan data pokok yaitu melalui daftar pernyataan yang diuji melalui uji validitas dan uji reliabilitas. Metodeanalisis yang digunakan adalah metode analisis jalur (Path Analysis). Hasil pengujian pertama menunjukan bahwa variabel Content Creation (X1), Content Sharing (X2), Connecting (X3), dan Community Building (X4) secara simultan berpengaruh positif dan signififikan terhadap terhadap Keputusan Pembelian (Y) pada Sashop Gorontalo, yaitu sebesar 0.935 atau 93,5%. Hasil pengujian hipotesis kedua menunjukan bahwa variabel Content Creation (X1) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap terhadap Keputusan Pembelian (Y) pada Sashop Gorontalo, yakni sebesar 0.371 atau 37.1%. Hasil pengujian ketiga menunjukkan bahwa variabel Content Sharing (X2) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y) pada Sashop Gorontalo, yakni sebesar 0.235 atau 23.5%. Hasil pengujian keempat menunjukkan bahwa variabel Connecting (X3) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y) pada Sashop Gorontalo, yaknisebesar 0.355 atau 35.5%. Hasil pengujian kelima menunjukkan bahwa variabel Community Building (X4) secara parsial berpengaruh positif dansignifikan terhadap Keputusan Pembelian(Y) pada Sashop Gorontalo, yakni sebesar 0.117 atau 11.7%.