ANALISIS PEMASARAN CABAI RAWIT (Capsicum frutencens L) DI DESA SUKA MAKMUR KECAMATAN PATILANGGIO KABUPATEN POHUWATO
Tanggal Upload: 02/06/2025
Penulis / NIM:
FELMAWATI INGO / P2217056
Program Studi:
S1 Agribisnis
Kata Kunci:
Cabai Rawit, Pemasaran, Margin Pemasaran
Abstrak:
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui saluranpemasaran cabai rawit, 2) untuk mengetahui marjin pemasaran cabai rawit dan 3) Untuk mengetahui efesiensi pemasaran cabai rawit di Desa SukaMakmur Kecamatan Patilanggio.Teknik pengambilan sampel dengan metode sensus. Jumlah sampel sebanyak 26 orang petani dan 4 orang pedagangpengumpul. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis margin pemasaran dan analisis efisiensi pemasaran.Hasil penelitian menunjukkanbahwa: 1) Saluran pemasaran cabai rawit di DesaSuka Makmur Kecamatan Patilanggio memiliki 2 saluran pemasaran. 2) Margin pemasaran pada usahatani cabai rawit di DesaSuka Makmur di Kecamatan patilanggio tertinggi pada saluran pemasaran satu yaitu sebesar Rp. 7.667/Kg dan 3) Saluran pemasaran cabai rawit di DesaSuka Makmur Kecamatan Patilanggio sudah efisien diketahui dari nilai efisiensi saluran pemasaran I sebesar 0,43%dan pada saluran pemasaran II sebesar 0,15%