ANALISIS KELAYAKAN DAN EFISIENSI PEMASARAN TEMPE (Studi Kasus Industri Kecil Tempe Rifai Di Desa Ayula Tilango Kecamatan Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango)
Tanggal Upload: 05/06/2025
Penulis / NIM:
SANTI S. ANAE / P2218007
Program Studi:
S1 Agribisnis
Kata Kunci:
kelayakan, efisiensi, pemasaran, tempe
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, saluran pemasaran dan efisiensi
pemasaran yang diperoleh dari kedelai sebagai bahan baku utama setelah diolah
menjadi tempe pada Industri Kecil Tempe Rifai di Desa Ayula Tilango Kecamatan
Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango. Pemilihan lokasi penelitian dilakukan
secara sengaja dengan pertimbangan bahwa Industri Kecil Tempe merupakan satusatunya sentra produksi tempe yang berada di Desa Ayula Tilango. Responden pada
penelitian ini adalah pemilik Industri Kecil Tempe dan Pedagang keliling yang
megambil tempe di Industri tersebut. Pengumpulan data pada peneliitian analisis
kelayakan dan efisiensi pemasaran ini terdiri dua data yaitu data primer dan data
sekunder. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Industri Kecil Tempe Rifai yang
berada di Desa Ayula Tilango Kecamatan Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango
layak dikembangkan dan diusahakan . Hasil R/C Ratio rata-rata sebesar 1,51 atau R/C
Ratio > 1 artinya usaha pada Industri Kecil Tempe Bapak Rifai layak untuk
diusahakan. (2) Untuk saluran pemasaran di Industri Kecil Tempe Rifai di Desa Ayula
Tilango Kecamatan Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango terdapat 2 saluran
pemasaran yaitu (I) industry - pedagang keliling - konsumen. (II) industri -
konsumen.(3) Untuk efisiensi pemasaran tempe di Industri kecil tempe Rifai di Desa
Ayula Tilango Kecamatan Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango terdapat pada
saluran II yang lebih efisien dibanding saluran I karena memiliki nilai farmer’s share paling tinggi 100 % dan margin pemasaran paling rendah Rp 0.