SKRIPSI

File Icon

ANALISIS KELAYAKAN DAN EFISIENSI PEMASARAN TEMPE (Studi Kasus Industri Kecil Tempe Rifai Di Desa Ayula Tilango Kecamatan Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango)

Tanggal Upload: 05/06/2025

Penulis / NIM:
SANTI S. ANAE / P2218007

Program Studi:
S1 Agribisnis

Tahun Akademik:
2022

Kata Kunci:
kelayakan, efisiensi, pemasaran, tempe

Abstrak:

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, saluran pemasaran dan efisiensi pemasaran yang diperoleh dari kedelai sebagai bahan baku utama setelah diolah menjadi tempe pada Industri Kecil Tempe Rifai di Desa Ayula Tilango Kecamatan Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango. Pemilihan lokasi penelitian dilakukan secara sengaja dengan pertimbangan bahwa Industri Kecil Tempe merupakan satusatunya sentra produksi tempe yang berada di Desa Ayula Tilango. Responden pada penelitian ini adalah pemilik Industri Kecil Tempe dan Pedagang keliling yang megambil tempe di Industri tersebut. Pengumpulan data pada peneliitian analisis kelayakan dan efisiensi pemasaran ini terdiri dua data yaitu data primer dan data sekunder. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Industri Kecil Tempe Rifai yang berada di Desa Ayula Tilango Kecamatan Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango layak dikembangkan dan diusahakan . Hasil R/C Ratio rata-rata sebesar 1,51 atau R/C Ratio > 1 artinya usaha pada Industri Kecil Tempe Bapak Rifai layak untuk diusahakan. (2) Untuk saluran pemasaran di Industri Kecil Tempe Rifai di Desa Ayula Tilango Kecamatan Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango terdapat 2 saluran pemasaran yaitu (I) industry - pedagang keliling - konsumen. (II) industri - konsumen.(3) Untuk efisiensi pemasaran tempe di Industri kecil tempe Rifai di Desa Ayula Tilango Kecamatan Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango terdapat pada saluran II yang lebih efisien dibanding saluran I karena memiliki nilai farmer’s share paling tinggi 100 % dan margin pemasaran paling rendah Rp 0.
Berkas Lampiran
Unduh File