PENGARUH MUAMALAT DIGITAL ISLAMIC NETWORK TERHADAP KEPUASAN PEMAKAI JASA SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PADA ENTITAS USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) KOTA GORONTALO
Tanggal Upload: 05/06/2025
Penulis / NIM:
FAIDZ LEOFANDY / E1121032
Program Studi:
S1 Akuntansi
Kata Kunci:
sistem operasi, software, hardware,kepuasan pemakai jasa, Muamalat Digital Islamic Network
Abstrak:
Tujuan dari penelitian untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh system operasi, softwere dan haerdwere baik secara simultan maupun secara parsial terhadap kepuasan pemakai jasa Muamalat Digital Islamic Network(Y). Metode analisis yang digunakan adalah analisis jalur. Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa hipotesis pertama yang diajukan mengatakan bahwa sistem operasi (X1), software (X2) dan hardware (X3) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pemakai jasa Muamalat Digital Islamic Network(Y). Dengan nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,463 (46,3%). Hasil perolehan untuk uji F-hitung telah menunjukkan hasil dengan nilai 16.096 sedangkan F-tabel sebesar 2.77 dan probabilitysig 0,00< probability α = 0,05. Hipotesis kedua sistem operasi (X1) terhadap kepuasan pemakai jasa (Y) berpengaruh signifikan. Dengan nilai t-hitung lebih besar dari nilai t-tabel (4,077 > 1.670). Hipotesis ketiga Software (X2) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pemakai jasa Muamalat Digital Islamic Network(Y). Dengan nilai t-hitung lebih besar dari nilai t-tabel (4,018 > 1.670). Hipotesis keempat hardware (X3) tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pemakai jasa Muamalat Muamalat Digital Islamic Network(Y) dengan nilai t-hitung lebih besar dari nilai t-tabel (1,469 > 1.670). Sedangkan untuk nilai langsung dan tidak langsung memiliki total pengaruh 0,463. Penelitian menemukanbahwa sistem operasi lebih mendominasi pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pemakai jasa Muamalat Muamalat Digital Islamic Networksehingga perusahaan lebih dapat mempertahankan serta meningkatkan inovasi dari pada softwere yang tersedia pada Muamalat Digital Islamic Network, agar memenuhi keinginan nasabah sesuai dengan harapan pemakai jasa.